Updates

Home/Recent Updates/APEC CEO Summit 2013 : Peluang Dan Tantangan Bagi Indonesia

APEC CEO Summit 2013 : Peluang Dan Tantangan Bagi Indonesia

Peserta Writing Competition

]Indonesia kembali akan menjadi sorotan publik dunia, akhir-akhir ini Indonesia memang sangat menyedot perhatian manusia di seantero jagad raya ini. Ada beberapa faktor yang membuat Indonesia menjadi buah bibir publik, seperti pertumbuhan ekonomi yang kian meningkat, kebal krisis ekonomi yang dialami oleh beberapa negara Eropa dan Amerika, dan lain sebagainya. Di penghujung akhir tahun naga ini, Indonesia akan menjadi buah bibir lagi,  pasalnya Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT APEC 2013, salah satu agendanya adalah APEC CEO Summit 2013 yang akan dihelat di pulau Dewata Bali di awal Oktober mendatang.

APEC CEO Summit merupakan agenda yang berperan penting dalam merekomendasikan  kebijakan-kebijakan APEC yang bermanfaat untuk perkembangan perekonomian anggota APEC tersebut, apalagi akan dihadiri oleh ribuan pemimpin bisnis dan pemimpin pemerintahan ekonomi APEC.

APEC CEO Summit ini diselenggarakan oleh APEC Business Advisory Council (ABAC),  ABAC Indonesia yang akan menjadi tulang punggung keberlangsungan dan kesuksesan acara ini. ABAC merupakan sebuah organisasi independen yang menaungi pelaku bisnis anggota APEC serta menjadi advisor ekonomi APEC dan anggotanya.

Indonesia sebagai negara berkembang harus peka melihat tantangan dan peluang di abad millennium ini, pasalnya beberapa kesepakatan akan efektif dalam beberapa tahun yang akan datang. ASEAN Community akan efektif di penghujung 2015, begitu juga ASEAN Free Trade, dan lain sebagainya. Kepekaan terhadap tantangan zaman harus dibiasakan sejak dini, sehingga kita memiliki bekal untuk menghadapai semua keniscayaan ini. Jangan sampai Indonesia dalam beberapa organisasi yang diikuti hanya menjadi objek saja, melainkan sebisa mungkin Indonesia harus menjadi subjek dan berperan pada perubahan-perubahan yang ada.

APEC CEO Summit akan dihelat dalam waktu dekat, ini merupakan peluang besar bagi Indonesia untuk unjuk gigi di hadapan publik dunia, apalagi semenanjung Samudera Pasifik saat ini merupakan pemilik 55% Gross Domestic Product (GDP) dunia. Menjadi tuan rumah pada perhelatan akbar ini merupakan salah satu ajang promosi bagi kita, baik di sektor pariwisata, ekonomi, budaya dan lain sebagainya. Namun kesempatan ini juga harus dimaksimalkan untuk memberikan kontibusi nyata bagi Indonesia terkhusus di bidang ekonomi yang notabene adalah tujuan dari berdirinya APEC tersebut. Kontribusi nyata tersebut dapat berupa kebijakankebijakan yang berpihak pada kepentingan kolektif rakyat Indonesia, bukan kebijakan yang memihak oknum tertentu.

Adanya APEC Business Advisory Council (ABAC) di Indonesia harus kita jadikan sebagai fasilitator, advisor dan partner dalam mewujudkan perekonomian yang lebih baik untuk Indonesia, karena saya melihat ABAC memiliki potensi akan hal tersebut. Menjaga stabilitas politik memang penting, namun menjaga stabilitas ekonomi juga sangatlah penting. Karena ekonomi berefek langsung kepada seluruh komponen bangsa ini serta berefek pada kesejahteraan atau kesengsaraan rakyat. APEC tidak hanya menjadi peluang bagi Indonesia, namun juga tantangan yang akan selalu menuntut perkembangan ekonomi Indonesia.

Leave a Comment